Review Kamera Nikon D3300 Berserta Harganya

Nikon D3300 merupakan kamera kelas pemula atau entry level terbaik dari Nikon yang mengusung efektivitas pixel yang mencapai 24.2MP dan berbagai fitur canggih. Kamera DSLR yang satu ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan sang kakak tipe D3100 maupun D3200. Meski beragam fitur canggih sudah dibawa oleh Nikon D3300 ini, namun kamera ini masih masuk kedalam kelas entry level atau kelas pemula.

Untuk lebih jelasnya, simak review kamera Nikon D3300 berserta harganya dibawah ini :

1. Desain

Jika dilihat sekilas dari segi desainnya hampir tidak terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara Nikon D3300 dengan D3200 maupun D3100. Mulai dari bentuk sisi depan, samping dan belakang yang tampak persis, hanya saja angka seri kameranya saja dan beberapa tombol tambahan yang membuatnya berbeda.

Produk berbahan magnesium alloy yang lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan bahan plastik ini punya dimensi 124 x 98 x 75,5 milimeter dan memiliki berat sekitar 460 gr ini tentunya terasa ringan untuk dibawa berpergian kemanapun yang kamu suka.

2. Spesifikasi

Spesifikasi Nikon D3300 tentunya jauh berbeda dengan para pendahulunya seri D3xxx. Seperti diantaranya memiliki sensor efektif hingga 24.2MP dan didukung juga dengan ukuran fisik sensor yang mencapai hingga 23.5 mm x 15.6 mm CMOS. Sensor – sensor yang dimiliki oleh Nikon D3300 ini lebih besar sehingga akan berpengaruh pada kualitas gambar yang lebih tajam, jelas, dan juga terlihat natural dan bersih.

Selain sensor – sensor yang telah disebutkan diatas, perangkat ini juga telah mengadopsi mesin prosessor baru dari Nikon D5300 yaitu ECPEED 4 sehingga pengoperasian berkecapatan tinggi dan perekaman video yang lebih bagus dapat disuguhkan oleh sensor tersebut.

3. Fitur Video

Kamera Nikon D3300 seringkali disebut – sebut sebagai kamera HDSLR dikarenakan kemampuannya untuk merekam video dengan sangat baik layaknya kamera camcorder PRO. Berkat adanya prosesor EXPEED 4 tersebut, kamu pun bisa melakukan perekaman video berkualitas Full HD sebesar 1080p dengan kecepatan per framenya adalah 30 fps. Bukankah ini merupakan sebuah fitur yang sangat hebat untuk sebuah kamera yang masih termasuk sebagai kamera kelas pemula?

Untuk menghasilkan kualitas suara hasil rekaman yang lebih baik pun kamu tidak perlu repot – repot lagi, karena berkat adanya fitur full autofokus ditambah dengan jack microphone external stereo kamu bisa mendapatkan semuanya.

4. Kompatibel Lensa Nikon

Untuk ukuran lensa, kamu bisa menggunakan seluruh lensa original Nikon dengan kode AF-S atau lensa aftermarket yang telah dilengkapi dengan motor auto fokus. Untuk lensa dengan kode AF-D maupun AF juga dapat dipasangkan pada bodi kamera Nikon D3300 ini, tapi sayangnya kamu tidak bisa menggunakan fitur auto focus pada lensa jenis ini. Kamera Nikon D3300 punya lensa Kit 18 – 55 mm dengan fitur peredam getaran atau VR (Vibration Reduction) versi II.

5. Harga Kamera Nikon D3300

Soal harga, kamera Nikon D3300 ini dijual dengan harga yang berbeda – beda untuk setiap kota tergantung pada tingkat kesulitan pendistribusiannya. Untuk harga baru Nikon D3300 dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 6,25 juta hingga 7 juta. Sementara untuk kamera yang bekas dibandrol dengan rentang harga mulai dari Rp. 3,5 juta hingga Rp. 5 jutaan tergantung pada kondisi fisik dan kelengkapan kamera yang dijual.

Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu merah dan hitam. Kamu bisa melakukan pengambilan gambar sebanyak kurang lebih 700 kali sebelum sampai kehabisan baterai dengan kamera Nikon D3300 ini berkat penggunaan baterai jenis EN-EL 14 dan jenis EN-EL 14a yang awet dan tahan lama.