Memanfaatkan Bawang Putih Sebagai MPASI Si Kecil

Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan jenis makanan yang diberikan ketika bayi sudah berusia di atas 6 bulan. Sebelum waktu tersebut juga bisa memberikan MPASI, tetapi perlu memperhatikan tanda bayi siap menerima MPASI sehingga tidak akan berbahaya. Bahan makanan yang digunakan untuk makanan untuk bayi tersebut ada banyak. Seperti jenis buah-buahan, sayuran, dan juga bisa memanfaatkan bawang putih.

Manfaat Bawang Putih Untuk MPASI

Bawang putih mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat yang diberikan misalnya dapat untuk mencegah kanker payudara, dapat membuat kulit bercahaya, mencegah rambut rontok, mengurangi tekanan darah, mencegah penyakit jantung, mengurangi rasa lelah, bagus untuk kesehatan tulang, dan juga dapat membantu menghilangkan bau keputihan dan komedo. Selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk berbagai kebutuhan rumah tangga seperti menghilangkan kutu beras hingga cairan untuk bersih-bersih di rumah. Untuk makanan bayi, bawang putih dapat untuk membuat rasa MPASI menjadi lebih gurih. Selain itu aromanya juga dapat meningkatkan nafsu makan bayi si kecil. Sehingga memang sangat baik dimanfaatkan sebagai campuran MPASI anak.

Di dalam bawang putih mempunyai berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan si kecil seperti berikut ini:

  1. Bawang putih mempunyai kandungan sumber vitamin B6, vitamin B1, dan Vitamin C. Selain itu bawang putih juga terdapat mangan, selenium, potassium, dan zat besi.
  2. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat bermanfaat sebagai antivirus dan antibakteri. Kandungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi gejala asma yang dialami.
  3. Bawang putih memiliki kandungan yang mampu untuk melawan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung.

Cara Mengolah Bawang Putih untuk MPASI

Ketika mengolah bawang putih untuk tambahan MPASI, tentunya harus diperhatikan langkah yang tepat agar dapat memberikan manfaat optimal. Trik yang bisa diperhatikan untuk menggunakan bawang putih adalah:

  • Pastikan untuk memilih bawang putih yang masih segar, sehingga gunakan bawang putih siung bukan dalam bentuk bubuk atau pasta.
  • Olah bawang putih untuk MPASI dengan mencacah dan menghaluskannya agar tidak tersedak.
  • Hindari untuk menggoreng bawang putih secara kering karena dapat menghilangkan manfaat kesehatan yang dipunyainya.

Anda bisa untuk memanfaatkan bawang putih sebagai campuran makanan pendamping ASI yang diberikan untuk si kecil. Seperti ketika membuat puree atau bubur MPASI, bisa dengan menambahkan bawang putih yang memberikan aroma dan rasa yang meningkatkan nafsu makan si kecil. Tetapi pastikan juga dengan memperhatikan langkah di atas, yaitu tidak menggunakan bubuk bawang putih yang sudah jadi, ditumbuk secara halus sehingga aman dikonsumsi bayi, dan tidak digoreng karena dapat menghilangkan nutrisi yang dipunyainya. Bawang putih ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin, termasuk juga bayi. Sehingga tentunya akan dapat membantu menjaga kesehatan bayi lebih optimal.

Untuk mendapatkan bawang putih dan berbagai bahan lainnya untuk membuat MPASI bayi, Anda bisa membelinya di TaniHub. Toko online ini menyediakan berbagai bahan makanan dan bumbu dapur yang mempunyai banyak keuntungan ketika membeli di tempat ini. Mulai dari melayani di berbagai kota, mempunyai pengiriman hanya satu hari saja, menjamin kesegaran bahan yang dibeli ketika sampai rumah, dan juga mempunyai harga bersaing. Sehingga Anda pasti akan mendapatkan bahan masih segar untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan MPASI untuk si kecil.