9 Langkah Membersihkan AC yang Benar Agar AC Tetap Awet

Suhu udara Indonesia yang cenderung panas membuat banyak orang menggunakan pendingin ruangan atau AC. Alat elektronik tersebut berguna untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih nyaman.

AC digunakan hampir setiap hari selama 24 jam. Agar alat elektronik ini bisa awet, maka Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Anda bisa membersihkan AC secara rutin, minimal 3 bulan sekali.

Pembersihan AC ini sangat penting dilakukan agar udara yang dihasilkan tidak kotor. Udara kotor yang dihasilkan oleh AC yang jarang dibersihkan akan menjadi salah satu sarang penyebaran penyakit.

Membersihkan AC bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini akan dijelaskan 10 langkah pembersihan AC agar tetap awet dan tidak menjadi sarang penyakit.

1.  Persiapkan Peralatan

Langkah pertama yaitu menyiapkan peralatan untuk membersihkan AC. Alat-alat yang perlu dipersiapkan banyak ditemukan di rumah, seperti obeng, kemoceng, sikat gigi bekas, lap basah dan kering, penyedot debu, cairan pembersih, dan air.

Agar lebih aman dan nyaman saat membersihkan, Anda perlu menggunakan masker penutup mulut dan sarung tangan.

2.  Mematikan Aliran Listrik

Langkah kedua yaitu memastikan bahwa tidak ada aliran listrik pada AC dengan mematikan power supply. Agar lebih aman, Anda juga bisa mencabut kabel AC dari stop kontak.

Aliran listrik perlu dimatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesetrum komponen AC.

3.  Membuka Penutup AC

Langkah selanjutnya dalam membersihkan AC yaitu membuka panel bagian depan atau penutup AC. Buka penutup AC menggunakan obeng yang telah dipersiapkan sebelumnya secara perlahan-lahan.

Saat penutup sudah terbuka, Anda bisa langsung mengecek kondisi filter AC. Anda bisa mengecek kemungkinan adanya kerusakan pada filter AC, sehingga dibutuhkan penggantian komponen baru atau tidak.

4.  Membersihkan Komponen Filter

Apabila Anda tidak menemukan kerusakan pada komponen filter pada AC, Anda bisa langsung membersihkannya dari debu menggunakan lap kering maupun kemoceng.

Apabila Anda tidak nyaman atau alergi debu, Anda bisa menggunakan alat penyedot debu. Pastikan komponen filter benar-benar bersih agar udara yang dihasilkan tetap sehat.

5.  Mengeluarkan Filter AC

Alternatif lain untuk membersihkan filter AC yang terlalu kotor dengan cara mengeluarkan filter dari AC. Anda bisa membersihkan filter dengan cara merendamnya di air terlebih dahulu.

Anda bisa menambahkan cairan pembersih pada rendaman air agar membunuh jamur serta kuman yang bersarang pada filter.

6.  Membersihkan Filter dengan Sikat Gigi

Agar filter lebih bersih, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi bekas. Anda bisa menggosok bagian filter yang terdapat kotoran membandel.

Pastikan Anda menggosok filter dengan perlahan agar komponen tersebut tetap awet dan tidak rusak.

7.  Mengeringkan Komponen Filter

Setelah mencuci dan menggosok filter, langkah selanjutnya yaitu mengeringkannya. Keringkan filter dengan cara diangin-anginkan saja.

Pastikan Anda mengeringkan AC pada tempat yang bersih agar filter tidak kembali kotor.

8.  Membersihkan Komponen AC Lainnya Selain Filter

Selain filter, Anda juga perlu membersihkan komponen-komponen lain. Anda bisa menggunakan lap untuk mengelap seluruh bagian dalam maupun luar AC.

AC yang bersih baik bagian dalam maupun luarnya akan membuat alat elektronik ini semakin awet untuk digunakan.

9.  Memasang Kembali Filter AC

Setelah memastikan seluruh bagian AC bersih, Anda bisa memasang kembali filter AC pada kondisi semula.Anda harus memastikan bahwa filter dalam kondisi benar-benar kering agar AC tidak menjadi rusak.

Untuk mengecek kondisi AC setelah dibersihkan, Anda bisa mengetesnya dengan cara menyalakannya. Jika udara yang dihasilkan dingin, maka bisa dipastikan bahwa proses membersihkan AC telah selesai.

Bagi Anda yang tidak mau repot melakukan pembersihan AC sendiri, Anda bisa meminta bantuan jasa service AC yang tersedia di Sejasa.com. Sejasa memberikan kemudahan untuk menemukan berbagai jasa, termasuk jasa membersihkan AC.